Membudidayakan Pupuk Organik

Neraca. Penggunaan rutin pupuk organik akan dapat diuraikan oleh organisme tanah, beda dengan pupuk kimia. Karena bahan organik akan diuraikan dan selanjutnya mempunyai sifat sebagai pengikat butir tanah menjadi butir yang lebih besar. Kejadian tersebut merupakan proses perbaikan stuktur dan tekstur tanah

Kandungan Bakteri decomposer yang ada di pupuk organik akan berkembang biak dan ikut serta membantu dalam proses perbaikan tanah. Pupuk organik berfungsi menaikkan daya serap air, disebabkan bahan organik punya daya serap air lebih tinggi dari bahan kimia, sehingga akan berpengaruh baik untuk tanaman terutama ketika musim kemarau.

Kelebihan lainnya adalah pupuk organik memiliki kandungan makanan/unsur hara lengkap meskipun dalam kadar yang rendah, apablia aplikasi pupuk organik dgn pupuk kimia dilakukan secara berimbang akan mendapatkan kondisi tanaman yang subur.

Tentunya manfaat yang lebih akan didapatkan apablia kita menggunakan pupuk organik herbafarm, karena pupuk ini sudah dirancang dengan komposisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan tanaman, sehingga kandungan pupuk organik alami yang sedikit jumlah unsur haranya dapat digantikan secara efektif dengan menggunakan pupuk organik herbafarm, dengan tetap berfungsi juga sebagai perbaikan kondisi tanah.

Organik di Pekarangan

Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, khususnya di perumahan, makin sulit untuk memiliki area halaman yang luas, disebabkan oleh banyak faktor. Namun tidak berarti kita tidak dapat mengembangkan hobi atau kreativitas di bidang cocok tanam terutama tanaman dengan pupuk organik.

Selain mengelola halaman yang terbatas dengan banyak jenis tanaman hias/bunga sebagai upaya untuk menjadikan rumah indah dan asri, kita dapat mengoptimalkan area halaman secara maksimal untuk bercocok tanam organik yang dapat menunjang keperluan keluarga sehari-hari.

Tentunya memakai cara-cara yang sesederhana mungkin, agar hobi bertanam organik ini tidak terlalu menyita waktu, dan hanya dilakukan pada waktu luang kita. Salah satu kemudahannya adalah dengan menggunakan pupuk organik cair. Dan salah satu pupuk organik cair yang terjamin kualitasnya adalah pupuk organik cair Herbafarm.

Sayuran organik merupakan salah satu unsur dari makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi tiap hari karena selain serat yang terkandung didalamnya, begitu pula sayuran banyak mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh manusia.

Apabila di rumah biasa memasak dan mengelola makanan keluarga sendiri, dapat dipastikan ibu pada tiap rumah senantiasa mengeluarkan uang untuk membeli sayuran. Padahal apabila kita menanam sendiri sayuran, minimal membantu penghematan uang belanja, sehingga uang dapat dialihkan untuk menutupi keperluan lainnya. Apalagi sayuran organik yang sampai saat ini harganya relatif masih mahal.

Menanam sayuran organik di halaman tidak selalu harus pada area yang luas, area sempit pun dapat dimaksimalkan. Apabila tidak ada halaman yang masih terbuka karena mungkin saja sudah semua diplester atau dipaving.

Menanam sayuran di halaman rumah tetap dapat dilakukan. Apabila di rumah memiliki tempat jemuran di lantai dua, itu pun dapat digunakan sebagai area untuk bercocok tanam sayuran organik. Menanam tanaman sayuran organik pada prinsipnya mudah.

Bercocok tanam dapat dilakukan pada polybag atau wadah-wadah lain yang sudah tidak dipakai. Tanaman organik mudah dilakukan karena perawatannya juga mudah, tidak perlu memberikan pupuk kimia seperti urea dan pestisida kimia lainnya.

Cara organik hanya memakai media tanah, sekam dan pupuk kandang, dengan perbandingan 1:1:1, atau menggunakan pupuk organik seperti contoh : pupuk organik herbafarm. Penyiraman dilakukan satu kali per hari. Lokasi tempat menanam harus kena sinar matahari secara langsung.

Penggunaan pupuk organik cair seperti herbafarm sangatlah praktis, daripada harus membuat sendiri pupuk organik dari sampah atau kotoran hewan. Perlu tenaga dan waktu untuk mengulah pupuk organik kompos agar dapat segera digunakan, sedangkan pupuk organik cair herbafarm tinggal melihat aturan pakai langsung disemprotkan.

Apalagi pupuk organik herbafarm komposisinya sudah dibuat sedemikian rupa sehingga sangat efektif dan sesuai dengan kebutuhan tanaman. Akan tetapi walaupun merupakan pupuk organik, pemakaiannya agar mengikuti aturan pakai, dan jangan berlebihan.

BERITA TERKAIT

Banten Masih Butuh Banyak Impor Kimia Organik

Banten Masih Butuh Banyak Impor Kimia Organik NERACA Serang - Provinsi Banten masih membutuhkan banyak impor bahan kimia organik untuk…

Koptan Gema Palagung - Sukses Menjadi Distributor Pupuk Bersubsidi di NTT

Koptan Gema Palagung Sukses Menjadi Distributor Pupuk Bersubsidi di NTT NERACA Jakarta - Keputusan Imanuel Polin (50) mundur dari pegawai…

KPK Kembali Tahan Tersangka Suap Korupsi Pupuk

KPK Kembali Tahan Tersangka Suap Korupsi Pupuk NERACA Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menahan satu orang tersangka dalam…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Kiat Sukses Bisnis Online

Kita berada di dunia yang terhubung hari ini. Internet, bersama dengan ponsel pintar, telah mengubah cara bisnis dilakukan. Berikut adalah…

Tawaran Menarik Usaha Bareng George Gandos

Bagi Anda yang berminat menjalankan usaha camilan gandos, ada tawaran kemitraan dari George Gandos. Mitra ditargetkan meraup omzet Rp 7,2…

Teguk Manisnya Usaha Bali Coklat

Keinginan kuat untuk membangun sebuah usaha dan menciptakan produk berkualitas, menginspirasi Indra dan Ria untuk terus berkreasi. Setelah sukses dengan…