Penggunaan Pupuk Organik Dalam Pertanian

Meningkat kebutuhan pupuk seiring, pertambahan penduduk, semakin pula meningkatkan keragaman penggu­naan pupuk sebagai usaha peningkatan hasil pertanian, termasuk pupuk organik.

Neraca. Kelangkaan dan tingginya harga pupuk dibeberapa daerah telah menyebabkan rendahnya aplikasi pemupukan. Di satu sisi pendapatan usaha berkurang karena menurunnya produksi, disisi lain biaya produksi dan biaya operasional mengalami peningkatan. Para pekebun pun memerlukan berbagai kiat untuk mengantisipasi kelangkaan pupuk agar terhindar dari kebangkrutan usaha.

Dalam arti luas pupuk ialah suatu bahan yang digunakan untuk mengubah sifat fisik, kimia atau biologi tanah sehingga menjadi lebih baik bagi pertumbuhan tanaman. Termasuk dalam pengertian ini adalah pemberian bahan kapur dengan maksud untuk meningkatkan pH tanah yang masam, pemberian legin bersama benih tanaman kacang-kacangan serta pemberian pembenah tanah (soil conditioner) untuk memperbaiki sifat fisik tanah.

Demikian pula pemberian urea dalam tanah yang miskin akan meningkatkan kadar N dalam tanah tersebut. Semua usaha tersebut dinamakan pemupukan. Dengan demikian bahan kapur, legin, pembenah tanah dan urea disebut pupuk.

Para ahli lingkungan hidup khawatir dengan pemakaian pupuk mineral yang berasal dari pabrik ini akan menambah tingkat polusi tanah yang akhirnya berpengaruh juga terhadap kesehatan manusia.

Upaya pembudidayaan tanaman dengan pertanian organik merupakan usaha untuk dapat mendapatkan bahan makanan tanpa penggunaan pupuk anorganik. Dengan sistem ini diharapkan tanaman dapat hidup tanpa ada masukan dari luar sehingga dalam kehidupan tanaman terdapat suatu siklus hidup yang tertutup.

Biasanya hasil Budi daya alami akan menghasilkan penampilan yang kurang menarik, contohnya sayuran banyak yang berlubang, dimakan ulat dan serangga. Namun, jika ditinjau dari kualitas cita rasa, pangan organik lebih baik, lebih lezat, lebih renyah, lebih manis, dan tahan lama. Sedangkan yang bukan organik, kandungan airnya tinggi sehingga rasanya kurang manis dan lebih cepat busuk.

Pupuk organik

Pola hidup masyarakat harus segera beralih ke pangan organik untuk mencapai kesehatan yang optimal, sebagai tindakan preventif. Sebab kandungan dari makanan organik sebenarnya sangat bagus yang bisa berfungsi sebagai pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit, bahkan bisa sebagai obat alami. Sebaliknya jika makanan yang kita konsumsi mengandung banyak zat-zat kimia berbahaya malah berfungsi sebaliknya sebagai sumber penyakit dan melemahkan pertahanan tubuh.

Hasil penelitian di Intitut Pertanian Bogor menunjukkan sayuran dan buah organik, kandungan mineralnya lebih baik dibanding pangan yang ditanam konvensional. Contohnya, sayuran kubis, selada, tomat, kandungan mineral, kalsium, fosfor, dan magnesium jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sayur anorganik. Tomat organik, kandungan kalsiumnya 23 mg, sedangkan yang bukan hanya 5 mg.

Ada beberapa pendapat untuk mengenali produk organik dapat dengan melihat penampilan daun, buah atau batang dari tanaman. Bila ada lubang akibat ulat, itu tandanya tanaman tersebut terkandung sedikit atau tanpa pestisida. Karena ulat tidak menyukai tanaman yang disemprot pestisida.

Sayuran organik seperti kacang panjang, buncis dan wortel rasanya lebih manis dan renyah, kesegarannya lebih tahan lama. Nasi yang berasal dari beras organik aromanya wangi, empuk dan lebih awet. Tetapi jika pertanian organik dalam proses perawatan dan monitoringnya dilakukan dengan telaten penampilan daun berlubang atau penampilan yang kurang bagus juga dapat diatasi.

Selain itu, produk organik yang dipasarkan tidak hanya produk berasal dari pertanian, tetapi juga bisa dihasilkan oleh produk olahan dan produk segar dari ternak atau perikanan.

Pemupukan dengan cara penyemprotan ke daun adalah merupakan cara mengaplikasikan pupuk yang lebih mudah dan tepat sasaran. Biasanya cara ini banyak dilakukan oleh pecinta tanaman hias.

Selain sebagai metode pemupukan juga bermanfaat untuk membersihkan daun dari debu. Jika dilakukan untuk budidaya produksi tanaman pangan biasanya menggunakan alat spraying dengaan kapasitas 14 liter, dan untuk skala produksi yang luas dan menggunakan teknologi yang lebih bisa menjangkau lahan yang luas yaitu dengan traktor atau pun pesawat terbang.

Pemakaian pupuk organik dalam proses budi daya tanaman, ternak, atau ikan, sangatlah dianjurkan. Terdorong niat yang besar untuk menciptakan produk pertanian yang aman dikonsumsi.

Pupuk organik mengandung unsur-unsur alami yang biasanya cukup lengkap, antara lain unsur hara makro, unsur hara mikro, asam amino, berbagai hormon pertumbuhan, dan juga mikroorganisme yang menguntungkan.

Saat ini sudah banyak produk pupuk organik yang beredar dan diproduksi dalam bentuk padat maupun cair sehingga memudahkan petani untuk menggunakannya dari pada membuat sendiri dari kotoran hewan yang difermentasikan lalu pengangkutannya ke lahan yang cukup merepotkan.

Walaupun penggunaan pupuk organik dari kotoran hewan maupun sampah organik tetap dianjurkan pemakaiannya untuk menambah kesuburan lahan dan mengurangi pemakaian pupuk kimia.

Dan kelebihan pupuk organik cair yang diproduksi dapat juga dipergunakan untuk menambah gizi makanan untuk peternakan dan perikanan. Selain lengkap kadar gizinya juga lebih aman karena zat-zat yang merugikan dan mempunyai resiko penyebab penyakit telah dihilangkan jadi aman untuk ternak maupun ikan.

BERITA TERKAIT

Peran Pers dalam Mewujudkan Stabilitas di Tahun Politik

  Oleh : Stevanus Sulu, Mahasiswa Universitas Nusa Cendana, Kupang Pers sebagai media komunikasi massa berfungsi untuk menyalurkan aspirasi rakyat…

OJK Sebut Bumiputera Dalam Kondisi Normal - Dari Sisi Bisnis dan Pendanaan

  NERACA Jakarta - Para pemegang polis dan mitra kerja Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 kini bisa bernafas lega…

Saham IKAI Masuk Dalam Pengawasan BEI

NERACA Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencermati perkembangan pola transaksi saham PT Intikeramik Alamsari Industri Tbk (IKAI). Hal…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Cara Mudah Dapat Penghasilan Tambahan - Lewat Medsos

Internet telah berkembang secara pesat. Terbukti dari data Kominfo tentang pengguna internet di Indonesia yang saat ini sudah mencapai 63…

Intip Peluang Usaha Kemitraan Takoyaki

Takoyaki termasuk salah dari sekian banyak kudapan khas negeri Sakura yang populer di dalam negeri. Camilan ini digemari banyak orang…

Sruput Manisnya Usaha Minuman Nuguy Coklat

Ada begitu banyak waralaba minuman coklat yang ditawarkan di pasaran. Mulai dengan yang harganya di atas 10 juta hingga yang…