Tingkatkan Ekonomi Pedesaan di Pandeglang - XL Edukasi Pemanfaatan Internet dan Medsos

Komitmen PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dalam membantu pemerintah dalam menyiapkan masyarakat memasuki era ekonomi digital, kembali ditunjukkan lewat program Sisternet yang bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT) dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat pedesaan memanfaatkan keunggulan teknologi internet cepat dan media sosial (medsos) menunjang produktivitas ekonomi.

Group Head Corporate Communications PT XL Axiata Tbk, Tri Wahyuningsih dalam siaran persnya di Pandeglang kemarin mengatakan, XL Axiata sejak awal berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan masyarakat dalam memasuki era digital. “Hal itu kami wujudkan dengan terus memperluas wilayah layanan data dan internet cepat 4G hingga ke pelosok-pelosok daerah di hampir seluruh provinsi Indonesia,”ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, perseroan juga menggelar program-program yang bersifat memperkuat kapasitas masyarakat dalam memanfaatkan internet untuk tujuan produktif, baik guna meningkatkan perekonomian, pendidikan, maupun aktivitas sosial ekonomi lainnya. Oleh karena itu, kata Tri Wahyuningsih, pihaknya menyambut baik kerjasama dengan Kementerian Desa ini yang insyallah akan meliputi berbagai wilayah di tanah air dalam setahun ke depan.

Untuk implementasi program dukungan bagi Kemendes ini, XL Axiata melalui Sisternet akan membuka program kelas kreatif inspiratif. Kelas ini akan mengajarkan kepada para calon pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terutama materi mengenai internet dasar dan media sosial sebagai sarana pemasaran dalam workshop selama dua hari yang akan dilaksanakan di Saung Terampil milik Kemendesa yang terletak di Desa Cikeusik, Pandeglang. Melalui kelas ini, XL Axiata berharap para calon pengelola BUMDes akan memiliki pemahaman yang lebih dalam mengenai keunggulan teknologi internet, ekonomi digital, serta potensi ekonomi di desa mareka masing-masing yang bisa dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi digital/internet terutama dalam pasaran atau promosi.

Melalui Sisternet, XL Axiata menyediakan jaringan wifi selama berlangsungnya kelas kreatif inspiratif ini. Selain itu juga ada perdana internet 1,5 Gb semua jaringan dan fasilitas gratis nelpon dan SMS ke nomer XL 24 Jam untuk seluruh peserta workshop. Menurut Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Samsul Widodo, penguatan kapasitas masyarakat dalam memanfaatkan internet dan teknologi digital perlu segera dilakukan di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak mengingat besarnya potensi sumber daya alam yang ada di sana dan bisa segera dikembangkan. Lebih khusus lagi, pemanfaatan internet/teknologi digital ini juga bisa meningkatkan peran serta kaum perempuan, baik dalam ekonomi keluarga maupun lingkungan. 

Selain itu, program dan kerjasama ini diyakini akan mampu mengurangi angka pengangguran di daerah tertinggal  yang ada di kabupaten Pandeglang dan kabupaten Lebak dengan tersedianya tenaga kerja terampil yang nantinya akan dapat membuka lapangan usaha sendiri dan tidak tergantung dengan perusahan. Selain itu, kerjasama ini juga diharapkan akan mampu meningkatkan kemampuan masyarakat khususnya perempuan dalam bidang pengelolaan manajemen usaha di bidang ekonomi digital sebagai bekal untuk pengelolaan BUMDes yang lebih maju dan berkembang.

Sebagai informasi, saat ini terdapat 122 daerah tertinggal di Indonesia sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 131 Tahun 2015 Tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015-2019. Diperlukan strategi untuk percepatan pembangunan daerah tertinggal salah satunya melalui pengembangan perekonomian masyakakat. Percepatan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat di daerah tertinggal ini tidak dapat dilakukan dengan cara biasa, diperlukan implementasi teknologi dan inovasi, termasuk untuk membuka jaringan pemasaran di daerah teringgal. Untuk itulah pengembangan ekonomi digital perlu diterapkan pada daerah-daerah tertinggal ini.

 

 

BERITA TERKAIT

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…

BERITA LAINNYA DI CSR

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…